Kerusakan Organ Ginjal

kerusakan-organ-ginjalOrgan ginjal merupakan satu dari beberapa organ penting di dalam tubuh yang berfungsi menyaring menyaring darah dan menyingkirkan produk-produk limbah, menyeimbangkan tingkat kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi sel darah merah. Oleh karena itu peranan penting organ ginjal ini dapat di katakan bahwa ginjal memerankan peranan penting dalam tubuh kita.

Lalu Apa Yang Terjadi Jika Ginjal Rusak ?

Ginjal yang rusak hingga mencapai 75% dapat mengakibatkan gagal ginjal, kelemahan, sesak napas, lesu, dan kebingungan.  Selain itu kerusakan organ ginjal dapat mengakibatkan Ketidakmampuan untuk menghapus kalium dari aliran darah dapat menyebabkan kirama jantung menjadi tidak normal dan akibat terburuk adalah kematian mendadak.

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis berkembang selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun dan pemicunya berasal dari tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah atau diabetes, tekanan darah tinggi, batu ginjal, dan penyakit pada organ prostat.

Pada kebanyakan kasus kerusakan organ ginjal tidak menunjukan gejala sebelum penderita di diagnosa oleh dokter bahkan penderita kerusakan ginjal ini merasa baik-baik saja hingga organ ginjal berhenti dari fungsinya dan kondisi ini memang termasuk ke dalam silent killer seperti penyakit jantung. Oleh karena itu mari kita rawat tubuh kita anugerah dari yang maha kuasa ini dengan sebaik-baiknya, caranya banyak-banyak bersyukur dengan membekali diri pengetahuan tentang kesehatan dan menjauhi apa-apa yang berpotensi merusak organ ginjal dan organ-organ di dalam tubuh.

Itulah yang dapat di sajikan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang betapa pentingnya organ ginjal ini, kita berdo’a mudah2an kesehatan selalu menyertai kita dan keluarga, amin,, allohumma amin. . .

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*